Kenapa LeBron James Nggak Bakal Sejago Jordan? Mengulik Zamannya Jordan.

Anak-anak zaman sekarang mungkin nggak mengerti gimana atmosfir basket tahun 90an dan 2000an awal, dan kontribusinya Michael Jordan saat itu buat basket.

Sampai bilang kalau LeBron James sudah melewati kehebatan MJ. Apalagi setelah baru-baru ini si LeBron juara NBA ke-4 sebagai pemain LA Lakers.

Gua sampai mikir “lo aja lebih bangga pakai sepatu air jordan daripada nike lebron“.

Tapi gua ngerti perasaan mereka. Setiap generasi nggak salah membanggakan atlit generasinya. Dan mempromosikan LeBron itu bagus buat basket dan NBA sekarang. Semua perusahaan maunya produk terbaru lebih hebat dari produk lamanya.

Buat gua, LeBron James itu pebasket terhebat abad 21, dia bakal jadi legend besar. Dia pun masuk di mount rushmore gua (top 4 sepanjang masa).

Berikut daftar gua untuk top 4 pebasket NBA terhebat sepanjang masa:

  1. Michael Jordan
  2. Kareem Abdul-Jabbar
  3. Bill Russel
  4. LeBron James
  5. Magic Johnson

Oke, ngomongin Michael Jordan.

Anak zaman sekarang bakal susah mengerti bagaimana hebohnya Michael Jordan di dunia olahraga 90an.

Di Indonesia, hampir semua anak muda Jakarta zaman 90an tahu Michael Jordan. Mau dia main basket atau nggak.

Dulu juga, koleksi kartu-kartu basket udah dianggap keren banget.

Sekarang, LeBron James aja mungkin masih banyak yang nggak tau. Jarang juga yang mau bahas, kecuali penggemar hardcore basket di Indonesia.

Gua aja harus nulis blog ini saking nggak ada temen yang punya passion diajak ngomong beginian.

Michael Jordan tuh ibarat Muhammad Ali di tahun 90an. Sensasional dan terkenal abis.

Dia yang bikin basket itu keren dan populer di sluruh dunia. Dia yang bawa karisma dan swag ke olahraga basket. Makanya abas (anak basket) jadi idola cewek-cewek SMA dan kampus. Karena ngikut-ngikut swag ini.

Lalu gimana zamannya LeBron sekarang?

Menurut gua sudah sedikit membosankan, NBA Finals sudah nggak gua tunggu-tunggu seperti biasanya. Permainan kebanyakan adu tiga angka, didominasi point guard, dribble pick & roll membosankan, sedikit main post, big man cuma jadi pembantu. Semua tim hampir punya style yang sama.

Beda dengan zaman Michael Jordan, pemain-pemain center (big man) masih berkuasa, setiap tim punya karakter masing-masing. Chicago Bulls dengan formasi triangle nya, Detroit Piston dengan gaya premannya (Bad Boy), Lakers (show time), Pacers mainnya keras, Jazz dengan gaya team worknya dll.

Lo harus hidup di zaman tersebut untuk bisa merasakan atmosfir NBA tahun 90an.

Oke cukup dulu bacotnya, kita cek alasan kenapa LeBron James nggak bakal sejago Michael Jordan:

1. LeBron James Kalah 6 Kali di Final

LeBron James juara 4 kali dan kalah 6 kali, alias 4-6. Sedangkan Michael Jordan juara 6 kali tanpa kalah di final, alias 6-0.

Dan gua masih inget di Final 2011, Dallas Mavericks, timnya Nowitzki dkk membuat si LeBron demam lapangan. Saking paniknya, dia cuma cetak 8 poin di game 5, dan itupun cuma dijaga sama guard pendek kayak JJ Barea dan Jason Terry.

Mental LBJ sering dipertanyakan di momen-momen krusial (clutch), apalagi di final.

Sedangkan Michael Jordan selalu meyakinkan di momen kritis. Ibarat superhero di akhir-akhir film dengan musik yang semakin memotivasi. Semakin krusial momennya, mental assassinnya semakin tajam. Tonton final NBA tahun 98 di game 6 lawan Utah Jazz di mana Jordan membalikkan keadaan di 20 detik terakhir. Sampai jadi salah satu momen hebat paling dramatis dalam sejarah olahraga.

Lo nggak bisa mengalahkan Jordan kalau lo kalah 6 kali. Walaupun lo juara NBA 10 kali.

2. LeBron James Nggak Merevolusionerkan Olahraga Basket Seperti Michael Jordan

Pernah dengar ada hype LeBron James di TV?

Nggak ada. orang kebanyakan ngomongin Messi dan Ronaldo.

Basket tuh paling heboh-hebohnya ya di era Jordan tahun 90an dan awal 2000an.

Era Jordan itu adalah era keemasan olahraga basket. Michael Jordan bukan hanya pemain NBA, dia ikon basket dan pusat perhatian olahraga saat itu. Hampir seluruh dunia tertuju ke NBA.

Karisma Michael Jordan lah yang mempopulerkan basket ke seluruh dunia. Bahkan Indonesia, channel dalam negeri RCTI sampai menayangkan pertandingan NBA untuk pertama kalinya. Waktu itu gua sampai ingat banget dengan komentatornya si Ary Sudarsono dengan setelan jas biru dan gaya ikoniknya membawakan acara NBA.

Kesimpulan

Gua bisa banyak banget buat alasan kenapa LeBron James nggak bakal pernah ngelewatin Michael Jordan. Tapi dua alasan di atas menurut gua udah cukup.

Menurut gua, di lubuk hati yang paling dalam si Michael Jordan, saingan utama dia sebagai pebasket terhebat paling cuma Kareem Abdul Jabbar dan Bill Russel. Sudah.

Walaupun begitu, semua pendapat gua di atas nggak mengurangi kehebatan LeBron James sebagai salah satu pebasket dan atlit terhebat sepanjang masa. Dia ada di nomor empat di daftar pebasket NBA gua.

Peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *