Filosofi Tujuan Hidup Manusia

Setiap manusia tercipta satu paket dengan tujuannya masing-masing. Sama seperti setiap binatang dan benda yang ada di bumi.

Semua yang memiliki zat. Pohon, batu, planet, hewan, manusia, dll punya alasan berada di bumi.

Babi, dengan ciri-ciri rakusnya dan sistem pencernaannya yang super cepat. Kemampuan tubuhnya menampung toksin dan kotoran. Dll. Menjadikan binatang ini sebagai mesin pembersih bumi paling alami.

Jadi tujuan hidup seekor babi adalah sebagai petugas kebersihan di alam.

Begitu juga singa, buaya, sapi, dll. Semuanya tercipta dengan tujuan yang berbeda-beda.

Nah sekarang kita main tebak-tebakan. Kalau diperhatikan dari semua hewan di bumi ini. Tolak ukur apa yang membedakan tujuan-tujuan hidup mereka?

Apa yang membedakan tujuan hidup dari babi, singa, harimau, jerapah, dan lainnya?

Hal paling menonjol yang membuat seekor hewan memiliki tujuan yang berbeda dengan hewan lainnya bisa dilihat dari atribut fisiknya.

Burung bisa terbang karena punya sayap, macan tutul lari cepat karena tubuhnya yang ramping, dan ikan dapat hidup dan berenang di laut karena memiliki insang dan sirip.

Fitur-fitur fisik ini yang akan membantu dan menyokong hewan tersebut dalam menjalankan tugas atau tujuan hidupnya.

Itulah mengapa setiap hewan akan lebih bahagia jika mereka dibiarkan menjalankan tujuan dan fungsi diciptakannya mereka di bumi.

Sama halnya dengan manusia. Manusia akan lebih bahagia jika mereka menjalankan apa yang sudah menjadi tujuan hidup mereka di bumi.

Sepuluh manusia yang mengetahui tujuan hidupnya lebih hebat dari sejuta manusia tanpa tujuan hidup. Itulah mengapa bung Karno hanya meminta sepuluh pemuda untuk mengguncang dunia.

Tetapi bagaimana mengetahui tujuan hidup seorang manusia?

Manusia pastinya tidak seperti binatang, karena dasar fisiknya sama. Manusia memiliki dua mata, satu hidung, bibir, dua kaki dan tangan, dll. Semua manusia secara umum memiliki atribut fisik yang sama, apapun rasnya.

Bagaimana dengan ciri-ciri fisik seperti badan yang tinggi, tangan yang besar, kaki yang panjang, dll? Apakah ciri ciri ini menjadi pembeda tujuan hidup mereka?

Kita bisa membeberkan kasusnya. Misalnya, untuk orang tinggi bisa jadi tujuan hidupnya adalah pemain basket. Kalau dia jago berenang, bisa jadi tujuan hidupnya adalah atlit renang.

Tetapi ciri-ciri fisik ini tidak bisa dijadikan tolak ukur. Kita bisa menyebutkan jutaan orang tinggi yang tidak bisa bermain basket. Dokter, insinyur, dan mekanik banyak juga yang tubuhnya tinggi dan besar.

Tujuan hidup manusia itu berpusat di pikiran atau otaknya. Itulah pembeda besar antara binatang dan manusia.

Hal paling menonjol yang menjadi pembeda tujuan hidup seseorang adalah di otaknya.

Nah, manusia kan otaknya sama semua? bagaimana kita bisa tahu dan membedakan tujuan hidup mereka?. Bagaimana kita bisa tahu tujuan hidup kita?

Pastinya kita tidak bisa memotong dan membuka kepala orang untuk mencari tahu tujuan hidupnya. Atau mungkin dirontgen otaknya. Karena semua otak sama saja bentuknya.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

bersambung ke bag. 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *