10 Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Sesungguhnya

Orang cerdas dan orang pintar itu beda. Orang pintar mudah dicium baunya, tapi tidak untuk orang cerdas. Hanya orang cerdas lah yang bisa mengenal orang cerdas lainnya.

Kita semua sudah tahul gelagat orang pintar. Kalau di sekolah, raport mereka penuh dengan angka 8 atau 9, dan tidak ada yang merah. Sering tunjuk tangan di kelas untuk menjawab pertanyaan guru.

Tetapi, orang cerdas justru hampir tidak memiliki gelagat tersebut.

Berikut beda kecerdasan dan kepintaran:

Kecerdasan atau intelegensi adalah tingkat kemampuan seseorang untuk memahami dunia, berpikir logis dan rasional, dan melakukan keputusan secara efektif saat dihadapkan pada tantangan.

Kecerdasan dapat juga berarti kemampuan untuk melakukan inovasi dan memberikan solusi terhadap berbagai situasi.

Sedangkan kepintaran adalah tingkat kemampuan dalam berpikir yang hanya didasarkan pada ilmu pengetahuan yang telah dicerna sebelumnya. Baik melalui lisan maupun non lisan. Baik melalui buku atau video atau guru.

Orang pintar melakukan keputusan lebih berdasarkan pada hafalan, aturan dan instruksi. Sedangkan orang cerdas lebih kepada rasional dan logika.

Tapi kecerdasan adalah bawaan dari lahir.

Coba kita lihat ciri-cirinya:

1. Orang cerdas susah untuk punya teman

Kalau bicara tentang pemahaman akan dunia. Orang cerdas beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dari orang-orang biasa. Mereka sulit berteman karena banyak orang tidak bisa berurusan dengan cara berpikir mereka. Mereka terbiasa tidak dimengerti oleh banyak orang jadi mereka suka menyendiri. Hanya beberapa orang istimewalah yang bisa menjadi teman dekat mereka.

2. Orang cerdas adalah pendengar dan pengamat

Orang cerdas secara alami adalah pengamat dan pendengar. Ia buka mata dan telinganya lebar-lebar. Ia memerhatikan ketika banyak orang hanya mendengar. Ia mengamati ketika banyak orang hanya melihat.

3. Orang cerdas banyak visinya

Orang cerdas ingin ini dan itu. Ingin mempelajari ini dan itu. Idenya tidak ada hentinya. Otaknya sering bekerja. Beberapa dari mereka suka ngomong sendiri.

4. Orang cerdas itu KEPO

Bukan kepo dalam arti ingin tau urusan orang lain. Ia kepo dengan banyak hal tentang dunia. Ia banyak googling, bertanya hal-hal yang jarang dipertanyakan, dan banyak mencari topik-topik yang menjadi ketertarikannya.

5. Orang cerdas menikmati kesendirian

Orang cerdas tidak masalah dengan makan sendiri di jam istirahat sekolah atau di jam istirahat kantor. Mereka senang sendiri dan menjadi raja dari hidupnya sendiri.

Di waktu kesendirian, mereka mengasah kemampuan, bertafakur, merenung, dan mengimajinasikan visinya.

6. Orang cerdas tidak peduli pendapat orang lain

Orang cerdas tau betul nilai diri mereka sendiri. Mereka tau bahwa mereka hebat dan punya visi besar. Jadi apa yang orang lain bicarakan tentang dirinya hampir tidak ada pengaruhnya.

7. Orang cerdas tidak berhenti belajar

Sebanyak apapun ilmu yang orang cerdas pelajari. Mereka tau bahwa akan selalu ada ruang untuk berkembang.

8. Narsisme dalam diri orang cerdas sangat kecil, mendekati nol

Orang cerdas tidak terobsesi dengan sosial media. Mereka tidak suka mengumbar makanan apa yang sedang Ia makan atau gaya rangkulan apa yang mereka lakukan dengan kekasihnya.

9. Orang cerdas fokus pada solusi

Orang cerdas fokus pada akar permasalahan ketika banyak orang fokus pada trend permasalahan.

10. Orang cerdas hormat pada dirinya sendiri

Orang cerdas menyayangi dan hormat pada dirinya sendiri. Dari pada Ia meminta orang lain menghormatinya. Ia lebih memilih menghormati dirinya terlebih dahulu.

Itulah sepuluh ciri-ciri orang cerdas atau inteligen. Kita semua pasti pernah bertemu atau berpapasan dengan mereka. Bisa jadi orang tersebut adalah orang yang menurutmu aneh.

Peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *