2 Cara Unik Latihan Ngomong Inggris di Rumah, Efektif!

Banyak orang nggak tau cara-cara unik dan efektif untuk latihan ngomong Inggris.

Tidak adanya lawan bicara nggak bisa digunakan lagi sebagai alasan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan ngomong Inggris.

Di jaman milenial ini, banyak caranya! Apalagi dengan berbagai macam teknologi yang ada.

Akan dibahas dua cara yang pastinya cocok untuk meningkatkan kemampuan ngomong dengan hanya latihan di rumah.

Emang ngaruh latihan ngomong di rumah tanpa lawan bicara?

Kalau kamu bertanya di tahun 1970 dan 1980an. Ya, jawabannya hampir ga ngaruh. Makanya, dahulu kala, sedikit banget orang Indonesia yang mengerti bahasa Inggris, apalagi ngomong.

Kalau di tahun 2019, banyak cara dan paradigma lama sudah tidak berlaku lagi atau sulit untuk diterapkan.

Sekarang kamu bisa meningkatkan kemampuan ngomong bahasa Inggris dan mungkin bahasa apapun secara ‘otodidak’. Karena adanya teknologi seperti aplikasi android, youtube, internet, dll.

Bahkan kamu bisa meningkatkan kemampuan ngomong kamu secara eksponensial. Asalkan kamu memaksimalkan teknologi yang sudah ada tersebut. terutama teknologi yang kamu genggam setiap hari itu alias smartphone.

1. Latihan Ngobrol Inggris di Youtube (Conversation)

Para pembaca, khususnya anak milenial, pastinya pernah nonton aktor dan aktris favorit kamu di acara-acara malam Amerika atau Inggris. Di mana aktor dan aktris tersebut akan diundang dan diajak duduk oleh si host untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan mereka. Apakah itu hal-hal menyangkut hobi, cerita kecil, keluarga, kekasih, makanan favorit, dll.

Acara-acara seperti The Tonight Show dan Jimmy Kimmel Live merupakan beberapa contohnya.

Nah. Idenya seperti ini.

Tonton lah video-video tersebut dan berlagaklah kamu seakan-akan kamulah aktor atau aktris tersebut. Dan setiap hostnya selesai bertanya, tekan jeda di videonya, lalu kamu jawab sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Dari sini, kamu akan melatih kemampuan percakapan langsung atau live conversation kamu.

Lebih seru lagi jika kamu membandingkan jawaban kamu dengan jawaban artis tersebut. Untuk tau apakah jawaban kamu mirip dengan jawaban mereka.

Drilling seperti ini seharusnya menjadi lebih mudah karena bahannya merupakan suatu hiburan. Kamu menonton artis yang kamu tau dan suka dengan di topik yang kamu juga suka. Dan poin plusnya, kamu bisa latihan ngomong.

Saya percaya bahwa drilling ini bisa dilakukan bukan hanya untuk bahasa Inggris saja. Tapi untuk semua bahasa.

2. Latihan Ngomong Inggris Dengan Gaming

Daripada game dipakai hanya untuk main saja. Kenapa kamu nggak nikmati game yang kamu sukai sembari melatih kemampuan menjadi komandan berbahasa Inggris.

Salah satu game yang bisa digunakan adalah Counter Strike.

Dengarkan si commander dengan username JIM WG di video youtube di bawah ini. Kamu bisa mendengar suara dia saat namanya muncul di pojok kanan bawah video di bawah. Bagaimana dia memimpin tim dan membuat suasana game menjadi lebih menegangkan.

Tapi jangan ditiru omongan sumpah serapahnya.

Counter Strike Source – Zombie Escape
Counter Strike GO – Zombie Escape

Kamu juga bisa melatih bahasa Mandarin, Perancis, Spanyol, dll dengan bermain di server di negara-negara tersebut. Googling atau buka website gametracker untuk mencari server-server tersebut.

Peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *