2 Cara Murah dan Mujarab Latihan Ngomong Inggris atau Bahasa Apapun

Banyak cara gratis untuk bisa lancar ngomong Inggris atau bahasa asing apapun. Orang nggak banyak tau aja.

Untuk kamu yang malas ikut les atau training. Atau ingin menyimpan budget keuangan bulanan kamu. Apapun itu alasannya.

Di artikel ini terungkap ide, inspirasi, dan mindset untuk kamu yang ingin lebih mudah dan murah latihan ngomong bahasa asing terutama bahasa Inggris.

1. Ngomong Sendiri

Jika kamu tidak punya teman untuk latihan bahasa Inggris. Atau mungkin kamu males ngobrol dengan orang lain untuk melatih speaking kamu. Kamu bisa ngomong sendiri untuk latihan!

Terus ngomong apaan?

Banyak sekali pilihannya:

  • Kamu bisa ngomong tentang diri sendiri di depan cermin.
  • Kamu bisa sok-sokan menjawab sendiri interview-interview berbahasa Inggris yang kamu tonton di youtube. Walaupun bukan kamu yang ditanya.
  • Kamu bisa meniru-niru omongan artis-artis hollywood favorit kamu
  • Kamu bisa menghafal lagu rap yang kamu suka

Banyak banget variasi latihan speaking jika kamu kreatif.

Contohnya aja saya suka meniru adegan di salah satu film favorit saya berikut:

Good will hunting – 1997

Video berikut originalnya, lompat ke menit 1:24 untuk melihat percakapan rekaman di atas.

Chuckie: Are we gonna have a problem? I don’t understand —
Clark : No, no…there’s no problem here. I was just hoping you might give me some insight into the evolution of the market economy in the Southern colonies. My contention is that prior to the Revolutionary War, the economic modalities, especially in the southern colonies, could most aptly be characterized as agrarian, pre-capitalist —
Chuckie: Let me tell you something, alright —

Will: Of course that’s your contention. You’re a first year grad student. You just got finished readin’ some Marxian historian — Pete Garrison probably. You’re gonna be convinced of that ’til next month when you get to James Lemon, and then you’re gonna be talkin’ about how the economies of Virginia and Pennsylvania were entrepreneurial and capitalist way back in 1740. That’s gonna last until next year — you’re gonna be in here regurgitating Gordon Wood, talkin’ about, you know, the Pre-revolutionary utopia and the capital-forming effects of military mobilization.

Clark: Well, as a matter of fact, I won’t, because Wood drastically underestimates the impact of social —

Will: Wood drastically — Wood ‘drastically underestimates the impact of social distinctions predicated upon wealth, especially inherited wealth.’ You got that from Vickers, ‘Work in Essex County,’ page 98, right? Yeah, I read that too. Were you gonna plagiarize the whole thing for us? Do you have any thoughts of your own on this matter? Or do you…is that your thing? You come into a bar. You read some obscure passage and then pretend…you pawn it off as your own idea just to impress some girls and embarrass my friend? See the sad thing about a guy like you is in 50 years you’re gonna start doin’ some thinkin’ on your own and you’re gonna come up with the fact that there are two certainties in life. One: don’t do that. And two: You dropped a hundred and fifty grand on a f—-n’ education you coulda’ got for a dollar fifty in late charges at the public library.

Good will hunting (1997) – Bar Scene

2. Ketemu dan Ngobrol dengan Orang Asing

Kalau kamu bosan ngomong sendiri kamu bisa coba jalan-jalan dan ngomong dengan orang asing di kota kamu.

Apalagi untuk kamu yang tinggal di Jakarta atau Bali. Banyak tempat di mana kamu bisa melatih speaking kamu.

Cara kamu memulai percakapan dengan mereka cukup simpel. Selalu mulai dengan hi, hello, excuse me. Contoh:

Kamu: Excuse me/hello!

Asing: Hello!

Kamu:Where do you come from

Asing: Hello! I’m from Germany. Are you from here?

Kamu: I’m Indonesian. Wow Germany! One thing I know about Germany is how good their football team is

Asing: yes yes right! did you watch them in world cup? did you see them beat Brazil 7 to 1?

Tentu aja kamu bakal ketemu orang yang tidak responsif dan defensif. Ada juga kemungkinan kamu bertemu dengan kriminal. Tips hematnya kamu lakukan cara ini di tempat umum dan kalau kamu mendapat respon yang kamu kurang suka, kamu bisa move on cari orang yang lebih responsif dan komunikatif.

Misalnya di Jakarta, kamu bisa banyak ketemu orang asing di:

  • Kampus-kampus ternama. Ini tempat sangat recommended. Apalagi kamu yang kaum milenial. Coba ke fakultas-fakultas terutama yang international di UI. 80-90% kamu bakal dapat respon positif kalau ngajak ngobrol bule-bule di situ.
  • Jl. Jaksa, Jakarta Pusat. Banyak orang bule juga makan di sini.
  • Mall-mall. Favorit saya di PIM. Banyak orang bule dan anak-anak millenial yang hang out sambil latihan bahasa Inggris.
  • Dan tempat-tempat lainnya.

Jangan remehkan cara ini. Cara ini cukup mujarab buat kamu yang punya percaya diri atau yang ingin mengasah percaya diri. Cara ini bukan hanya melatih speaking kamu. Kamu akan meningkatkan kemampuan komunikasi kamu, meningkatkan social skill, dan mungkin menambah teman dan jaringan.

Tau Jack Ma? Pendiri perusahaan e-commerce raksasa Cina, Alibaba? Mungkin orang terkaya di Cina juga.

Pernah heran mendengar dia lancar dan articulate ketika dia menjawab interview-interview berbahasa Inggris di TV dan Youtube? Bukan hanya bisa menyampaikan pesan berbahasa Inggris. Jack juga mengerti dialeg-dialeg orang Amerika pada umumnya. Kenapa kok dia bisa? Padahal orang Cina pada umumnya sulit untuk lancar dan fasih berbahasa Inggris.

Ada satu rahasia umumnya.

Singkat cerita. Jack Ma pada saat mudanya sering mengunjungi hotel-hotel di kotanya. Bukan untuk reservasi dan menginap. Tapi untuk ngajak ngobrol orang-orang asing di sana sebagai bahan latihan speaking nya. Jack Ma juga diceritakan bersukarela untuk menjadi tour guide tanpa dibayar asalkan dia bisa terus-menerus ngobrol dengan orang asing.

Penutup/Bottom Line

Kalau kamu super introvert mungkin akan sulit menerapkan cara yang kedua dan gampang untuk menerapkan cara pertama. Karena pada umumnya orang introvert suka ngomong sendiri.

Tapi ada satu kalimat mujarab yang sudah semua orang tau dan pastinya kamu tau dan kemungkinan besar kamu sering omongin ke teman kamu dan kamu posting di status social media:

I don’t care what people think about me!

Tidak sepadan sekali jika kemajuan kamu dihentikan dengan pendapat atau pemikiran orang lain yang justru KEMUNGKINAN BESAR mereka ga pikirkan sama sekali dari awal!

Peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *