Kenapa Bahasa Inggris Susah Dipelajari Banyak Orang Indonesia?

Banyak orang susah belajar bahasa Inggris karena dipikir nih bahasa terlalu keren untuk mereka. Atau dipikir bahasa orang kaya kali.

Bahasa Inggris sudah bukan bahasa eksklusif lagi seperti di tahun 90an ke bawah pak!

Tapi kenapa masih susah dipelajari banyak orang?

Ada yang paham betul grammar tapi speaking nya masih belepotan. Ada yang paham listening tapi tidak paham grammar. Ada yang paham grammar, reading, listening, speaking tapi ga bagus nulis (writing).

Kenapa bisa susah? Apa yang membuat susah?

1. Kamu Tidak Tahu Fokus dan Tujuan Kamu Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris kan bahasa global. Bahasa Inggris juga pusat bahasa di bidang iptek dan sains. Jadi pikir apa yang ingin kamu kembangkan dalam bahasa Inggris?

Belajar Inggris jadi susah kalau tidak bisa menemukan cara menyenangkan untuk mempelajarinya.

huebat.com

Misalnya kamu ingin jadi insinyur. Tentunya kamu pasti akan mempelajari buku-buku teknik berbahasa Inggris. Kamu perlu paham betul grammar & reading. Aspek yang lain seperti speaking dan listening bisa kamu pelajari semampumu. Karena kamu akan berkutat pada istilah-istilah teknik, standard teknik, dll yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, makna sebenarnya akan menjadi ngaco dan gak karuan. Namun, kamu akan betul-betul paham apa yang dimaksud dari buku-buku original berbahasa Inggris tersebut jika kamu paham betul grammar dan reading.

Lain hal jika kamu ingin jadi jurnalis. Tentunya aspek bahasa Inggris yang kamu perlu jago adalah speaking & writing. Karena nantinya kamu akan banyak mewawancarai orang, menulis headline berita, dll. Supaya lisan kamu dimengerti betul oleh orang-orang pada umumnya. Kamu perlu punya kemampuan pronounciation yang baik.

Jadi pahami apa fokus dan tujuanmu belajar bahasa Inggris. Ketika kamu sudah tau, fokuskan pada penggunaan bahasa Inggris di bidang yang kamu sukai itu.

Tapi saya ingin menguasai semua aspek bahasa Inggris?

Silahkan!

Kalau memang kamu suka semua aspek-aspek bahasa Inggris. Kamu suka ngelakuin semuanya. Ngobrol, baca, menulis, mendengar media-media berbahasa Inggris. Silahkan pelajari semua.

Kamu bisa beli buku-bukunya, ikut les, latihan setiap hari, atau masuk jurusan sastra Inggris. Apalagi jika kamu berbakat di bahasa Inggris.

2. Kamu Belum Menemukan Apa yang Menyenangkan buat Kamu dari Bahasa Inggris

Ketika kamu bertanya, kenapa belajar bahasa Inggris itu susah?

Kesusahan itu sebenarnya sering banget terjadi karena kamu belum nemuin apa hal yang membuat kamu enjoy belajar bahasa Inggris.

Kamu bisa melatih pronounciation, speaking, dan listening:

Kamu bisa melatih reading dengan:

  • Membaca blog-blog berbahasa Inggris dengan topik yang kamu suka
  • Membaca wikipedia dalam bahasa Inggris.

Yang tidak kalah pentingnya juga kamu jaga terus budaya kamu sebagai orang Indonesia dengan tidak menerapkan hal-hal yang menjadi adat, adab, dan budaya mereka. Terutama jika itu hal-hal negatif.

Kamu bisa mendapatkan seluruh ilmu pengetahuan dari orang-orang barat. Kamu bisa mendapatkan hampir seluruh ilmu pengetahuan di internet, youtube, google, dll.

Tapi selalu ada efek sampingnya.

Selalu ada tanggung jawabnya.

Dan salah satu tanggung jawab kamu sebagai orang Indonesia adalah bagaimana kamu bisa mempertahankan adat, adab, dan budaya yang sudah kamu punya sembari mengeruk ilmu pengetahuan dari orang-orang barat. Bagaimana kamu terus mempertahankan adab dan budaya Indonesia di tengah globalisasi yang luar biasa ini.

Kayak omongan pamannya Spiderman:

Kuasa yang besar, tanggung jawab juga besar.

Omnya Spiderman

Peace!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *