Apa Tujuan dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris?

Sampai setua sekarang, pernah berpikir apa sih tujuan dan poin pentingnya belajar bahasa Inggris?

Kenapa kamu mempelajarinya? kenapa kamu ingin lancar dan fasih ngomong Inggris?

Mengetahui tujuan dan pentingnya belajar Inggris akan menentukan apa, di mana, dan bagaimana kamu mempelajarinya.

Alias kamu bisa fokus dan cepat mempelajarinya.

Contoh, jika kamu seorang penjual yang banyak berhubungan dengan orang asing. Dan kamu hanya ingin cakap dalam berbicara dan memahami lawan bicara. Kamu tidak perlu membeli dan membaca buku bahasa Inggris yang tebal-tebal.

Karena buku tersebut mungkin tidak membuatmu termotivasi untuk belajar. Apalagi kalau tidak punya passion atau bakat dalam bahasa Inggris.

Cukup dengan mempelajari dasar-dasar tata bahasa (grammar) dan banyak latihan berbicara (speaking) dan mendengar (listening) saja, kamu sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang asing.

Berbeda dengan kamu seorang jurnalistik. Apalagi yang tugasnya melingkupi ruang mancanegara. Pastinya butuh kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Pastinya butuh buku bahasa Inggris, banyak mendengarkan media-media dalam bahasa Inggris, banyak latihan berbicara dalam bahasa Inggris formal, dll.

Orang Indonesia yang mempelajari bahasa Inggris, setidaknya harus bertujuan pada hal-hal berikut:

1. Komunikasi Global

Jika kamu nanti bekerja di perusahaan asing, berbisnis dengan orang asing, sekolah di luar negri. Kamu setidaknya perlu mengerti dasar Bahasa Inggris. Seperti berbicara (speaking), tata bahasa (grammar ), mendengar (listening), menulis (writing) dll.

Kamu tidak perlu jago-jago banget bahasa Inggrisnya kalau hanya ingin bisa berkomunikasi dengan orang asing. Setidaknya perlu tahu dasar-dasar dalam berbicara (speaking).

Tidak hanya memahami apa yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Kamu juga perlu mengerti bagaimana menyampaikan pesan sehingga efektif dimengerti orang lain.

2. Studi

Bahasa Inggris bisa saja sangat perlu dipelajari untuk seseorang yang sedang studi kuliah. Khususnya di bagian Grammar dan Reading. Apalagi mereka yang berkecimpung di dunia sains, teknik, kedokteran, dll.

Misalnya kamu kuliah di jurusan teknik. Kemungkinan kamu dituntut untuk mempelajari buku-buku teknik berbahasa Inggris. Grammar dan reading perlu untuk kamu pahami. Karena buku-buku Teknik memiliki banyak sekali istilah dan glosarium berbahasa Inggris yang sulit untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jikalau diterjemahkan, seringkali membingungkan pembacanya.

Arti dan pemahaman yang terkandung di buku-buku terjemahan bisa kamu peroleh secara mendalam dan komprehensif di buku originalnya yang masih dalam bahasa Inggris.

Ini juga berlaku untuk jurusan-jurusan seperti sains, kedokteran, farmasi, dan semacamnya.

3. Hobi/Bakat

Ada beberapa orang yang relatif lebih cepat dan lebih suka belajar bahasa atau literatur Inggris dibandingkan temannya. Mereka lebih cekatan dalam menggunakan bahasa Inggris dan lebih suka mengkonsumsi media berbahasa Inggris.

Ini adalah salah satu tanda hobi dan bakat.

Apalagi untuk kamu yang berkecimpung dalam bidang hiburan. Media-media hiburan berbahasa Inggris seperti youtube, CNN, ESPN, dan perfilman pastinya kamu suka tonton.

Jadi gunakan keahlianmu dalam bahasa ini untuk kamu kontribusikan dalam bidang-bidang yang bisa menjadi berguna untuk komunitas atau masyarakat.

4. Pekerjaan

Banyak HR department lebih memilih mempekerjakan orang yang bisa bahasa Inggris.

Contoh:

  • Kamu bisa memandu/menyampaikan pesan atau berkomunikasi dalam bahasa Inggris sehingga bisa dimengerti dan dipahami oleh lawan bicara. Contoh: presentasi produk, speaking engagement, membawakan acara, dll.
  • Kamu bisa mempelajari suatu skill atau pekerjaan dalam bahasa Inggris. Contoh: mengirim email, mempelajari buku manual, menerjemahkan dokumen, dll

Tujuan-tujuan bahasa Inggris ini dibutuhkan dalam dunia pekerjaan.

Penutup

Ketahui tujuanmu belajar bahasa Inggris, apa pentingnya nanti di karir dan bisnismu nanti.

Setelah tahu dan paham tujuanmu belajar Inggris, fokuskan energi belajarmu di tujuan tersebut.

Kayak tadi, kalau cuma ingin lancar ngomong doang, ya fokuskan latihan mendengar, grammar, dan ngomong. Jadi belajar lebih efektif dan efisien sehingga target bisa dicapai dengan cepat.

Penting!

Peace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *